Laporan OJT Minngu KeEnam

Pada Minggu ke enam tepat nya tanggal 12 Februari 2013, terjadi masalah pada 2 PC karyawan. Salah satu karyawan yang menggunakan Harddisk sebesar 80 Gb dengan OS Win7 merasa pcnya sangat berat. karyawan tersebut meminta kami mengganti nya dengan Windows Xp, akhirnya Mentor kami menyuruh Kami mengganti os tersebut dengan windows XP, berikut langkah - langkah install windows XP :


  1. Masukkan CD Instalasi Windows Xp ke dalam Cd-Rom, Ubah booting pertama menjadi ke Cd-Rom, Restart komputer sampai  muncul Tulisan Pres any key to boot from CD, silahkan kamu tekan tombol sembarang.
  2. Setelah pada tampilan berikut tekan Enter untuk lanjut pada proses instal 
  3. Pada menu Lisencing Agreement tekan F8 untuk lanjut dan ESC untuk batalkan proses.
  4. Pada menu Partisi, pada Partisi C: Tekan D untuk delete partisi C:, kemudian Tekan L untuk menyetujui proses delete. Cara ini dugunakan agar tidak ada tumpang tindih dengan Windows yang lama.
  5. Pada Partisi C: yang telah terhapus Tekan tombol C untuk create atau membuat Partisi, isikan jumlah kapasitasnya sesuai kebutuhan, atau biasanya sudah otomatis dengan jumlah kapasitas maksimumnya.
  6. Tekan Enter pada Partisi C: untuk memulai Instal Dan pilih NTFS file system (Quick) atau FAT file system (Quick) lalu tekan Enter.
  7. Jika sudah maka Proses Instalasi Windows XP dimulai
  8. Bila Proses Setup selesai komputer kamu akan Merestart, dan jika ada tulisan Pres any key to boot from CD , biarkan saja
  9. Setelah itu akan tampil sebuah menu, Klik tombol Next
  10. Isikan dengan Nama dan Organisasi, kemudian tekan Next.
  11. Isikan Produk Key atau Serial Number dan tekann Next.
  12. Isikan nama komputer dan password (ataupun dikosongkan untuk password) dan tekan Next.
  13. Set Time Zone pada posisi (GMT+80:00) atau pilih Hanoi Bangkok Jakarta dan klik Next
  14. Setelah itu akan tampil proses instalasi windows Xp, dan biarkan sampai Restart
  15. Maka akan tampil menu "Welcome To Microsoft Windows" pilih Next
  16. Bagian menu "Help Protect your PC" pilih Not Right Now.
  17. Berikutnya tinggal Next dan pilih tombol FINISH


karyawan yang lain juga melakukan install ulang windows XP dikarenakan komputernya terserang banyak sekali virus sampai nge-hang, beliau meminta kami langsung saja di install ulang. akhirnya kami melakukan install ulang seperti cara yang di atas.

Laporan OJT Minngu KeLima

Pada Minggu Kelima tidak ada trouble apapun. pada minggu tersebut selama satu minggu full kita hanya stand by apabila ada trouble pada kantor ini. kami hanya melakukan browsing2 dan tetap stand by pada kantor ini.

Laporan OJT Minggu Keempat



Pada minggu ke empat tepatnya tanggal 30 Januari 2013. Terjadi masalah pada salah satu pc karyawan. masalahnya adalah PC karyawan tersebut tidak mau atau tidak bisa masuk ke dalam System operasi. maka kami melakukan tindakan dengan Me-Repair Komputer tersebut dengan cara : 


  1. Masukkan CD intalasi windows Xp ke dalam Cd-Rom
  2. Ganti Booting Pertama Kali PC tersebut ke Cd-Rom
  3. Pada Saat muncul tulisan "Press any key to boot from CD" tekan Enter
  4. Maka proses booting dari Cd-rom sedang berlangsung
  5. Maka akan muncul “Welcome to Setup“ tekan enter
  6. Karena di pc kita sudah mempunyai instalasi windows XP, maka jangan langsung R untuk merepair, tetapi tekan F8 untuk melanjutkan mencari instalasi windows kita
  7. Kemudian arahkan panah file instalasi windows kita
  8. Baru di sini kita tekan R untuk melakukan Repair 
  9. Setelah itu tunngu komputer sampai selesi melakukan proses Repair hingga minta restart
  10. Restart komputer tersebut dan alhamdulillah hasilnya komputer bisa di gunakan kembali

Hanya ini masalah pada minggu ke empat, pada minggu tersebut kita tetap stand by apabila ada touble lagi pada kantor ini.

Nang Trawas



















Laporan OJT Minggu Ketiga

Hari ke 12 tgl 21 Januari 2013, Terjadi trouble pada internet kembali, kami melakukan reset wireless router dan setting ulang kembali, dengan cara sebelumnya yaitu :

  • Cabut semua kabel LAN yang menempel pada wireless router, kecuali kabel adaptor router
  • Tekan tombol reset pada wireless router yang berada pada belakang wireless dengan menggunakan bulpoin
  • Tungu sampai semua lampu yang ada pada wireless router menyala
  • Masuk Dengan Browser pada interface wireless router BELKIN dengan alamat default 192.168.2.1
  • Klik login tanpa memasukkan password, klik submit
  • Pilih tab LAN Setting, Ganti IP default dari 192.168.2.1 menjadi 192.168.1.2
  • Pada DHCP server pilih off
  • Lalu klik save, dan klik Reboot
  • Tunggu Hingga Proses Reboot selesai
  • Jika sudah tancapkan kembali semua kabel LAN yang menempel pada BELKIN sebelumya
  • Dan Alhamdulillah hasilnya SUKSES, internet bisa di gunakan kembali.
Pada Hari ke 13 tgl 22  terjadi trouble pada salah satu PC karyawan, masalahnya PC karyawan tidak mau masuk ke OS, kami melakukan beberapa tindakan seperti mengganti kabel IDE pada Harddisk, Mengganti Port yang menancap pada harddisk dari Power Supply dengan port yang lain, tetapi komputer tetap tidak mau masuk ke OS, setelah kami telfon Mentor kami (Masuk setiap hari SELASA dan SABTU), kami di beritahu bahwa memang Harddisk yang ada pada PC yang trouble tersebut sudah eror dan harus di ganti yang baru. Akhirnya kami menunggu konfirmasi dari Staff HRD untuk membelikan Harrdisk yang baru..

Pada Hari ke 14 tgl 23 januari 2013, kami berinisiatif menyarankan agar sementara PC yang harddisknya rusak tadi menggunakan harddisk dari PC yg tidak di gunakan yang ada pada kantor kami, walaupun mentor kami sebenarnya tidak setuju dengan rencana tersebut di karenakan Harddisk yang akan dipakai sementara itu terlalu kecil kapasitasnya, hanya 40 GB. Tetapi pihak Staff HRD mengijinkan dan akhirnya kami pasang dan menginstall harddisk tersebut dengan Win7. Tujuannya agar karyawan pemilik PC tersebut dapat bekerja sementara menggunakan Harddisk yang kapasitasnya kecil tersebut.

Hari ke 15 tgl 24 Januari 2013 LIBUR

Hari ke 16 dan 17 tidak ada Trouble apapun.

Laporan OJT Minggu Kedua

Hari ke enam dan ke tujuh tidak ada trouble sama sekali..

pada hari ke 8 terjadi troble pada internet, internet satu kantor tidak dapat terkoneksi,, karena dahulunya kita pernah di instruksikan oleh mentor kami jika koneksi internet mati reset saja wireless routernya (BELKIN), Kemudian setting Ulang. maka kami melakukan reset wireless router dan melakukan setting ulang dengan cara : 
  • Cabut semua kabel LAN yang menempel pada wireless router, kecuali kabel adaptor router
  • Tekan tombol reset pada wireless router yang berada pada belakang wireless dengan menggunakan bulpoin
  • Tungu sampai semua lampu yang ada pada wireless router menyala
  • Masuk Dengan Browser pada interface wireless router BELKIN dengan alamat default 192.168.2.1
  • Klik login tanpa memasukkan password, klik submit
  • Pilih tab LAN Setting, Ganti IP default dari 192.168.2.1 menjadi 192.168.1.2
  • Pada DHCP server pilih off
  • Lalu klik save, dan klik Reboot
  • Tunggu Hingga Proses Reboot selesai
  • Jika sudah tancapkan kembali semua kabel LAN yang menempel pada BELKIN sebelumya
  • Dan Alhamdulillah hasilnya SUKSES, internet bisa di gunakan kembali.
Hari ke 9 dan 10 tidak ada trouble sama sekali

Hari ke 11 tgl 19 Januari 2013 tepatnya hari sabtu, kami hanya melakukan perawatan PC, kami hanya membersihkan debu2 yang ada dalam CPU dan membersihkan RAM dengan Penghapus,,

#HARI SABTU KARYAWAN LIBUR

Laporan OJT Minggu Pertama

Hari Pertama masuk OJT tanggal 7 januari 2013, saya dan ke dua teman saya leo dan maulana melakukan perkenalan tempat tempat yang ada pada kantor ini yaitu PT WaruTeknikatama. Setelah bertemu Staff HRD untuk menyerahkan surat permohonan OJT dari pihak sekolah, staff HRD menyuruh kami pulang, dan akhirnya masuk OJT pertama kali hari Selasa tgl  8 januari 2013..

Pada hari pertama OJT tanggal 8 januari 2013, kami tidak melakukan apa2. dikarenakan tidak ada trouble apapun dalam kantor tersebut. disitu kami hanya diberi penjelasan oleh Mentor kami tentang masalah apa saja yang biasanya terjadi pada kantor ini mengenai IT. disitu kami hanya melakukan perkenalan dengan seluruh karyawan yang ada pada kantor tersebut.

Hari kedua OJT tanggal 9 Januari 2013, baru ada trouble dari salah satu karyawan. PC salah satu karyawan tidak bisa menyala, tetapi Power pada CPU menyala,, 
Disitu Kami melakukan perbaikan dengan cara :
  • Lepas semua kabel yang menancap pada CPU
  • Buka cassing CPU
  • Lepaskan RAM dari Slot Memory Secara Perlahan-lahan
  • Bersihkan dengan penghapus pada bagian kuningan yang ada pada RAM tersebut
  • Tancapkan RAM kembali pada Slot Memory
  • Tancapkan kabel power pada CPU dan Monitor
  • Hidupkan Komputer
  • Dan alhamdulilah Hasilnya komputer bisa nyala
  • Dan terkahir tutup kembali cassing CPU..

Hari Ketiga Tidak ada trouble apapun, kami hanya berdiam sambil menanti ada trouble :D

hari ke empat tgl 11 Januari 2013, salah satu karyawan meminta kami memasukkan email nya ke dalam Microsoft Office Outlook 2007.. kami melakukan login ke MS.outlook 2007 dengan cara :
  1. Buka MS.outlook 2007
  2. Maka Muncul Notifikasi, klik Next
  3. Pada Tab Email Accounts pilih Yes, Kemudian Next
  4. Pada kolom Your Name isikan dengan nama anda
  5. Pada kolom Email Address isikan Email anda
  6. Kemudian Isikan password anda 2x, Klik Next
  7. Tunggu proses Identifikasi Email selesai, klik Finish
  8. Klik Send/Received untuk melihat isi email
  9. Selesai
Hari Kelima Tidak ada trouble Apapun..
 
Terima kasih disampaikan telah berkunjung ke halaman ini, Mari belajar bersama.... Sharing ilmu atau pun yang lain bersama agar bermanfaat bagi yang lain...:) MUHAMMAD NUR ROHMAN