Ubah Warna Background Foto dengan Photoshop


Pada kesempatan kali ini saya akan kembali berbagi ilmu yang telah saya pelajari, mungkin ilmu ini terkesan sepele hehehe..  tapi tak apalah, siapa tahu berguna bagi kawan – kawan blogger semua. Kesempatan kali ini saya ingin berbagi turorial tentang bagaimana cara merubah warna background foto. Tidak penting bukan? Tapi tak apa, ini hanya iseng – iseng saja kok :D

Pada waktu itu ada temen saya yang ingin mendaftar ke perguruan tinggi, la dia meminta bantuan saya untuk merubah warna background fotonya, katanya itu syarat dari instansi yang akan dia masuki, setelah saya edit dan kemudian berhasil, temen saya puas dengan hasil editan tersebut, Kebetulan yang akan saya jadikan contoh foto pada tutorial ini adalah foto teman saya :D

Lalu sejak itu saya terfikirkan untuk membuat turotialnya, dan ingin saya share pada kawan – kawan blogger semua. Siapa tahu nantinya akan berguna bagi kawan – kawan semua. Niat saya hanya berbagi ilmu, itung – itung mencari pahala. Hehehehe
Udah ya ceritanya, langsung saja kita bahas cara nya :

Alat dan Bahan :
·        Sebuah PC untuk mengedit fotonya
·        Software Photoshop CS3 (Tergantung yang agan pakai saja)
·        Tentunya foto yang akan kita edit

Langkah Kerja :
  1. Buka aplikasi adobe photoshop CS3
  2. Open / buka foto yang akan diedit
  3. Klik pada bagian lasso tool, klik kanan tool tersebut kemudian pilih magnetic lasso tool

  4. Seleksi bagian background foto tersebut dengan tools yang sudah kita pilih, hingga menjadi seperti ini


  5. Tidak usah rata – rata ga masalah, nanti kita akan perbaiki di akhir,  jika sudah di seleksi kemudian klik kanan – fill


  6. Pada bagian use pilih color, kemudian akan tampil pilihan warna

  7. Pilih warna merah (sesuai yang teman2 inginkan)
  8. Klik ok, kemudian klik ok lagi
  9. Maka hasil nya akan seperti ini


  10.  Tidak rata kan? Hehe gak masalah
  11. Ratakan dengan meng-crop bagian foto yang tidak rata dengan menggunakan crop tool (tombol yang nyala)


  12. Tekan dan tahan pada bagian yang akan di-crop, hingga terseleksi seperti ini


  13.  Kemudian tekan enter, dan selamat foto anda sudah selesai di edit :D
  14.  Dan ini hasilnya seperti ini