Hapus Old Kernel pada Boot Loader Ubuntu

Bagi pengguna Ubuntu yang pernah melakukan update pada grub loader mungkin pernah mengalami hal seperti yang saya alami sekarang. Yaitu ketika pc / laptop di restar kernel yang lama akan tercantum pada booting yang akan dipilih. hal itu membuat lebih banyak pilihan booting. memang hal tersebut tidak ada efeknya bagi agan2 semua. tapi menurut saya itu terlalu banyak2in pilihan booting kita. contohnya seperti ini
Sebelum
Dari situ kelihatan banyak sekali kernel lama yang masih ada pada ubuntu kita. padahal saya haya ingin menggunakan kernel versi 3.2.0-41 saja
Berikut merupakan cara mengatasinya :

  • Buka terminal
  • Masuk pada super user (sudo su), masukkan password
  • Lakukan edit data pada burg.cfg (disini saya menggunakan burg)
  • Ketik gedit /boot/burg/burg.cfg
  • Sebelum melakukan pengeditan liat dahulu kernel mana yang ingin anda hapus atau sembunyikan, saya ingin menghapus
·         Ubuntu GNU/Linux, with Linux 3.2.0-39-generic-pae
·        Ubuntu GNU/Linux, with Linux 3.2.0-39-generic-pae (recovery mode)
·         Ubuntu GNU/Linux, with Linux 3.2.0-23-generic-pae
·        Ubuntu GNU/Linux, with Linux 3.2.0-23-generic-pae (recovery mode)
  • Pada gedit cari tulisan atau kernel yang ingin di hapus tersebut dan tambahkan tanda # pada setiap tab dari kernel tersebut (Lihat pada kotak) 
  • Jika sudah simpan konfigurasi tersebut
  • Tutup semua program kemudian restart dan hasilnya kernel linux yang lama atau tidak diinginkan sudah tidak ada lagi
  •  Semoga membantu :)